Pendahuluan

Ini adalah masa emas perkembangan seorang anak. Di usia kelompok bermain, anak suka bereksplorasi dan mencoba hal-hal baru. Perkembangan kognitif anak cenderung bedasarkan pada pengalaman langsung panca indera, sementara otaknya menyerap informasi di sekelilingnya dengan cepat. Kami memahami pada masa ini anak membutuhkan bimbingan tumbuh kembang yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

KB (Kelompok Bermain) AL-Izhar diperuntukkan bagi anak usia 2 s/d 4 tahun. Proses pendidikan di KB Al-Izhar adalah melalui permainan yang menyenangkan, terarah, edukatif untuk menumbuhkembangkan kreativitas dan potensi yang ada dalam diri anak. Untuk mengetahui perkembangan anak, diadakan pertemuan orangtua dan guru sebanyak dua kali persemester.

NILAI-NILAI YANG DIBANGUN DAN DIKEMBANGKAN

1. Jujur (integritas)

2. Menghargai (Respect)

3. Berani (Couregous)

4. Pengasih

5. Rendah Hati

6. Nasionalis

Struktur Organisasi, Visi dan Misi

VISI

Menjadi pusat pendidikan yang menumbuhkembangkan intelektual Islam berwawasan luas.

 

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan umum berdasarkan kurikulum Nasional yang berlandaskan nilai-nilai Islam : Jujur, menghargai, berani, pengasih, rendah hati, nasionalis.

2. Menyelenggarakan pendidikan yang menumbuhkembangkan potensi murid untuk menjadi manusia beriman, mandiri, kreatif dan nasionalis yang mencintai keragaman.

3. Membentuk kepribadian dan karakter murid yang kritis dan senang belajar serta mengembangkan potensi kepemimpinan.

4. Mengupayakan terciptanya masyarakat yang pembelajar yang senang membaca.

5. Menjadikan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) sebagai mitra kerja yang baik dan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dalam upaya pencapai visi.

Kurikulum

Kelompok Bermain Al- Izhar Pondok Labu merupakan lembaga pendidikan nasional yang menggunakan :

1. Kurikulum nasional sebagai standar minimum yaitu Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ditetapkan Kemendiknas sebagai dasar penyelenggaraan program pendidikan, pengasuhan dan perlindungan anak dengan penyesuaian visi dan misi AL-Izhar.

2. Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.

3. Menekankan pada keterampilan proses dengan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dan Evidence Based Practices (EBP) dalam membangun keterampilan berpikir yang disesuaikan dengan visi, misi dan moto AL-Izhar.

Pelaksanaan seluruh program pengasuhan, pendidikan dan perlindungan di KB Al-Izhar Pondok Labu melalui kegiatan intra dan ko-kurikuler.

Mengapa Memilih Kelompok Bermain Al-Izhar ?

  • 1.

    Kurikulum Nasional Yang Diperkaya
    Menyelenggarakan pendidikan umum berdasarkan Kurikulum Nasional yang mengembangkan nilai-nilai Islam: Jujur, Menghargai, Berani, Pengasih, Rendah Hati, Nasionalis.

  • 2.

    Berbahasa Indonesia, Berorientasi Global
    Membangun kesadaran murid sebagai warga dunia yang harus berkontribusi dengan tetap mencintai Indonesia dengan mengembangkan budaya tradisional dan berbahasa Indonesia.

  • 3.

    Mengembangkan Potensi Murid
    Menyelenggarakan pendidikan yang menumbuhkembangkan potensi murid untuk menjadi manusia beriman, mandiri, kreatif, dan nasionalis yang mencintai keragaman.